Kenali Penyebab Ambein Sejak Dini

No Comments
Kenali Penyebab Ambein Sejak Dini

Perlu diketahui oleh kita bersama, sebenarnya banyak hal yang dapat menjadi pemicu penyakit ambeien. Namun sebagian besar dari kita terkadang lengah dalam menyadari hal tersebut. Seringkali kita menghabiskan waktu seharian dengan duduk dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya kita lebih waspada. Terlebih lagi kalau dalam sehari kita kurang mengonsumsi air, sayur dan buah-buahan. Bukan tidak mungkin hal inilah yang dapat jadi pemicu lahirnya penyakit wasir atau ambeien (Hemorhoid).

Penyebab ambeien sebenarnya sangat beragam, misalnya karena faktor genetika atau yang lebih dikenal dengan faktor keturunan. Tetapi umumnya, pemicu ambeien adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk. Penyakit ini juga lebih rawan terjadi pada wanita dibanding pria. Hal itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena seperti ketika sedang menstruasi atau hamil.

Penyakit Wasir adalah penyakit gangguan anus pada bibir anus atau disebut juga dengan sphinchter ani. Dalam hal ini anus akan mengalami pembengkakan yang terkadang disertai dengan pendarahan. Pada beberapa kasus, ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan olahraga tertentu.  Misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernafasan, serta terlalu lama duduk atau berdiri.

Bagi mereka yang berprofesi seperti sekretaris atau supir disarankan melakukan gerakan-gerakan lain. Sebab terlalu banyak duduk dapat memicu terjadinya wasir. Karena itu, menurut Sutanto, waktu istirahat alias coffe break sangat penting dimanfaatkan. Solusi penyakit ini sebenarnya cukup gampang, yakni mengubah pola hidup.

Apabila penyakit ambeien yang Anda derita dibiarkan terus berlanjut, maka penyakit ini terus akan berdampak lebih buruk lagi. Ambeien kelamaan bisa mengeluarkan darah, terutama ketika buang air besar. Dalam feses akan bercampur dengan darah atau terdapat bercak darah. Lama kelamaan ambeien dapat menyebabkan penderitanya mengalami kekurangan darah berat atau anemia.

Memang tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan wasir. Hanya sebagian kecil saja yang memerlukan pertolongan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Ambeien dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah sehingga timbul penyakit wasir. Ambeien yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.

Secara Umum pemicu atau penyebab ambeien adalah sebagai berikut:

A. Faktor keturunan.
B. Kehamilan karena perubahan hormonal.
C. Penderita sering mengejan, misalnya: pembesaran prostat jinak ataupun kenker prostat dan penyempitan saluran kemih.
D. Obstipasi (konstipasi/sembelit) yang menahun.
E. Penekanan kembali aliran darah vena, seperti pada kanker dubur, radang dubur, penyempitan dubur, kenaikan tekanan pembuluh darah porta (di dalam rongga perut).
F. Peregangan, misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.
G. Mengalami diare menahun.
H. Terlalu banyak duduk.

Apabila penyakit ambeien yang Anda derita dibiarkan terus berlanjut, maka penyakit akan berdampak lebih buruk lagi. Ambeien lama kelamaan bisa mengeluarkan darah, terutama saat buang air besar. Dalam feses akan bercampur dengan darah atau terdapat bercak darah. Setiap pendarahan dari dubur harus ditanggapi serius. Sebab mungkin saja pendarahan berasal dari saluran cerna seperti usus halus, usus besar, mulut, kerongkongan dan lain-lain. Bila pendarahan berasal dari sini maka bisa saja disebabkan oleh tukak lambung, kerusakan pembuluh darah, kanker dan sejenisnya. Yang jelas tidak semua pendarahan dari dubur adalah hemorhoid atau wasir.


Akan tetapi apabila Anda sudah telanjur terkena wasir, apa boleh buat Anda harus segera menjalani terapi yang diberikan ahli medis. Baru-baru ini telah dikembangkan cara mengobati ambeien dengan konsep terbaru dari Rumah Wasir yakni disebut BEIM (Biological Impedence Electrical autoMeasurement) yang dapat memotong dan sekaligus menutup luka wasirnya, sehingga wasir secara otomatis bisa terangkat ke atas. Keuntungan dari penggunaan metode pengobatan wasir ini adalah proses cepat (sekitar 15 menit), minim pendarahan, minim rasa nyeri, tanpa jahitan, tanpa rawat inap, dan biaya relatif murah.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment