Ambeien Luar

No Comments
ambeien luar
Ambeien luar berbeda dengan ambeien dalam, ciri dari penyakit ini adalah terdapat benjolan atau seperti daging lebih yang keluar dari anus. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya adalah

  1. Pola hidup yang kurang sehat
  2. Waktu tidur yang kurang
  3. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang berserat
  4. Kurang minum air putih
  5. Terlalu memaksakan pada saat buang air besar

Proses terjadinya ambeien karena kurangnya makanan yang berserat yang membuat feses menjadi keras, pada saat buang air besar akan terjadi gesekan dan timbulah luka pada pembuluh vena yang sangat tipis. Proses ini terjadi berulang – ulang sampai terjadinya infeksi pada pembuluh vena yang terluka tadi. Infekasi pada pembuluh darah ditandai dengan timbulnya rasa gatal pada anus atau orang Indonesia lebih familiar dengan sebutan kremian. Dan proses ini berjalan dalam waktu yang lama sampai pada akhirnya ketika buang air besar mengeluarkan darah. Apabila kejadiannya sudah seperti ini, dalam waktu yang tidak cukup lama anda akan mengalami ambeien luar (seperti daging yang keluar dari dalam anus). Kebanyakan orang apabila sudah mengalami ambeien luar, mereka melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan wasir yang sangat mengganggu.

Dalam kasus yang ringan, setelah buang air besar ambeien luar akan muncul dengan ditandai rasa sakit di sekitar anus dan duduk yang tidak nyaman. Untuk diawal pemulihannya yaitu masuknya kembali wasir yang keluar ke dalam posisi semula dengan waktu yang singkat. Seiring berjalannya waktu, proses pemulihannya akan bertambah semakin lama. Pada kasus yang berat, pada saat wasir keluar dan tidak bisa lagi kembali keposisi semula. Ini merupakan penderitaan yang cukup menyakitkan.

Penanganan di Awal

Ketika ambeien luar itu terjadi pada kasus ringan, sangatlah penting untuk menanganinya di awal sebelum menjadi kasus yang berat atau lebih parah. Ada beberapa cara untuk solusi mengatasi ambeien luar ringan yaitu :

1.  Mencuci anus dengan bersih menggunakan antiseptik agar terjaga kebersihannya.
2.  Setelah dicuci, keringkanlah dengan tisu atau apa saja yang penting jangan sampai lembab.
3. Dan yang terakhir hindari dari hal-hal yang memperparah penyakit wasir.

Penanganan di awal sangat diperlukan agar tidak memperparah dan berkelanjutan. Bila dibiarkan saja sampai pada tahap kasus yang berat yang timbul dibenak kita hanyalah penyesalan. Ada benarnya juga mencegah lebih baik dari pada mengobati. Menangani di awal lebih baik dari pada mencari solusi bila sudah parah.

Yang Bisa Dilakukan Ketika Mengalami Ambeien Luar


Yang paling dominan pada saat setelah buang air besar adalah rasa sakit yang ditimbulkan akibat keluarnya wasir dari dalam anus.

Obat Herbal & Ambeien Luar

Beberapa obat herbal dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ambeien luar dari bahan-bahan alami yang menghilangkan wasir sampai tuntas. Tapi sebagian orang tidak mempercayai efek dari obat herbal yang berfungsi untuk menghilangkan ambeien luar. Ini dikarenakan mereka pernah meminumnya dan dalam waktu yang cukup lama tidak menemukan sebuah kesembuhan yang mereka inginkan. Bisa jadi obat yang mereka konsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama ini hanya berfungsi untuk penghilang rasa sakit dan tidak bereaksi kepada sumbernya. Maka dari itu sebelum kita ingin memilih obat ambeien luar yang ingin kita konsumsi untuk mencapai tujuan satu yaitu kesembuhan adalah fungsi dari obat tersebut.

Cara Mengatasi Ambeien Luar

Mengatasi ambeien luar berbeda dengan ambeien internal dalam hal cara atau proses penyembuhannya. Berikut ini hal-hal yang bisa anda lakukan bila anda mengalaminya :

1. Terapkanlah Pola Hidup Sehat

Hidup sehat tidak hanya bisa membantu kesembuhan dalam proses penyembuhan wasir, tapi membantu agar tubuh menjadi lebih segar dan kuat, serta menambah daya tahan tubuh. Bila pola hidup anda saja tidak sehat, bagaimana anda bisa menyembuhkan wasir.

2. Menjaga Kebersihan
Jagalah kebersihan di are anus agar tidak berkumpulnya bakteri, serta jagalah anus agar tidak lembab supaya terhindar dari jamur dengan cara selalu membersihkan anus dengan tisu agar kering.

3. Daun Sirsak
Daun sirsak ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ambeien luar karena di dalam daun ini mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit ambeien luar.

4. Kulit Manggis
Kulit manggis sering disebut dengan nama queen of fruit yang artinya yakni ratu dari segala buah. Kulit manggis ini kaya akan antioksidan dan beberapa zat yang bagus untuk penyembuhan wasir.

 5. Perbanyak lah minum air putih agar kotoran yang keluar pada saat BAB menjadi lembek dan terhindar dari lecetnya pada pembuluh vena.

 6. Konsumsi Obat Herbal
Dalam obat herbal terdapat berbagai macam kandungan tumbuh-timbuhan yang sudah di extrak menjadi satu. Kelebihan dari obat herbal adalah praktis tidak repot untuk menyajikannya dan tinggal diminum.




Perbedaan antara Ambeien Internal & External

Ambeien internal  termasuk dalam kategori ringan karena tidak sampai pada menimbulkan rasa sakit dan darah yang keluar pun darah yang segar yang tidak terlalu banyak. Darah hanyak menutupi feses tidak sampai merubah warna dari feses itu sendiri. Pada kasus lain ada yang keluarnya lendir dari dalam anus yang dapat menyebabkan gatal-gatal. Pada kasus trombosis atau nekrosis ambeien dalam ini akan terasa sakit. Tanda yang paiing nyata dari ambeien luar ini adalah adanya benjolan berupa daging yang keluar. Benjolan ini pada tahap awal bisa masuk dengan sendirinya, akan tetapi pada tahap berikutnya benjolan yang keluar tidak bisa masuk dengan sendirinya harus di bantu dengan tangan dan berikutnya lagi tidak bisa masuk.

Ambeien luar memang sangat mengganggu sekali dalam kehidupan kita, mengganggu di dalam pekerjaan kita, di sekolah, di tempat sosialisasi. Walaupun demikian, sekarang sudah banyak cara untuk menyembuhkan ambeien luar ini, baik dengan operasi maupun dengan obat-obatan yang bisa menghilangkan wasir yang keluar dari anus. Bila anda sebagai penderita akan merasakan rasa sakit ketika duduk yang dikarenakan bejolan yang keluar tertekan dan timbulah rasa nyeri.

Bisa dibayangkan bila anda sedang buang air besar dan anda penderita ambeien luar, sakitnya bukan main, apalagi bila anda sebagai karyawan kantor yang bekerja di depan komputer yang mengharuskan anda duduk dalam jangka waktu yang lama. Dan lagi bila teman-teman anda ingin mengajak anda untuk menonton bioskop atau sekedar mengajak makan dan anda menolaknya, ini akan berpengaruh dengan kehidupan sosial anda.


Seberapa parahnya penyakit ambeien luar anda, pasti ada jalan keluarnya untuk penyembuhan yang anda inginkan. Jangan cepat putus asa, bila kita yakin bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Dan kabar gembiranya adalah dunia kedokteran dengan seiring berjalannya waktu terus mengembangkan peralatan dan metode pengobatannya yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Perkembangan ini ditandai dengan singkatnya proses pengobatan dan tidak adanya rasa sakit.  
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment