Rasanya Ambeien Pada Saat Hamil

No Comments
Rasanya Ambeien Pada Saat Hamil


Pasti sangat tersiksa rasanya ambeien pada saat hamil. Begitulah kiranya pendapat para wanita yang mengalami ambeien selama masa kehamilan. Keluhan itu sebenarnya bisa diatasi dengan baik lewat cara aman. Menurut dr.Panondang Panggabean, spesialis bedah, pada dasarnya pengobatan ambeien disesuaikan dengan derajat keparahannya.

Untuk ambeien yang baru berada di stadium satu dan dua biasanya hanya dilakukan dengan obat-obatan wasir dan mengubah pola hidup. Seperti pola makan harus diubah, perbanyak serat, kurangi makanan pedas, dan banyak minum air putih. Prinsipnya adalah agar tidak mengedan saat buang air besar.

Sedangkan ambeien stadium 2, yakni saat buang air mulai ada benjolan keluar dari anus tetapi dapat masuk sendiri ke dalam, sebenarnya bisa juga dilakukan pengikatan dengan teknik rubber. Sementara itu untuk ambeien stadium 3 dan 4 akan membutuhkan tindakan operasi. Proses kehamilan akan memperparah derajat ambeien, tapi untuk melakukan operasi sangat tergantung pada kesiapan mental pasien.

Saat ini sudah ada metode operasi ambeien dengan teknologi Biological Electrical Impedance Auto-Measurement). Operasi menggunakan panas dari laser ini akan mengeringkan jaringan setelah ambeien diangkat.  Jaringan yang kering tersebut akan langsung dipotong dengan laser sehingga tidak perlu jahitan. Rasa nyeri pun lebih minimal dibanding metode konvensional.

Panondang menjelaskan, operasi ambeien tersebut sebaiknya dilakukan saat kehamilan trimester dua. Sebab bila dilakukan di trimester satu akan lebih beresiko karena masih dalam pembentukan organ, sementara di trimester 3 ditakutkan obat-obatan antinyeri yang dipakai memicu kontraksi. Operasi dengan teknik tersebut direkomendasikan untuk ibu hamil yang merasa tidak nyaman dengan ambeiennya karena sudah terlanjur parah.

Bius yang digunakan hanya bius lokal. Tetapi obat-obatan anti nyeri yang dipakai terbatas, yang aman bagi janin. Namun efeknya rasa nyeri pasca operasi agak sedikit lebih besar karena obatnya memang tidak bisa bermacam-macam.

Selain dengan operasi, keluhan ambeien juga bisa diminimalisir dengan merendam seluruh bagian bokong dalam air hangat. Selain itu jika ada perdarahan dari anus, kompres dengan air es atau kain kasa. Konsumsi juga makanan mengandung serat dan cukup cairan agar feses lebih lunak sehingga tidak perlu mengedan saat BAB.


Sebuah terapi tanpa operasi, menurut dr. Pandondang, hanya bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan ambeien. Bukan s

Baca juga artikel lainnya dengan judul "Intip Dulu, Metode Pengobatan Ambeien Paling Mustajab" disini.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment