Ambeien Setelah Melahirkan

1 comment
ambeien setelah melahirkan
Penyakit ambeien setelah melahirkan merupakan hal yang cukup sering terjadi pada seorang wanita. Bukan hanya pria saja yang mempunyai kesempatan untuk mengidap penyakit ambeien, para wanita pasca melahirkan sangat berpeluang untuk mengidap penyakit wasir. Pada umumnya dan kebanyakan wanita setelah melahirkan yang mengidap wasir adalah wanita yang melahirkan secara normal.

Sebelum membahasnya lebih jauh lagi, marilah kita memahami terlebih dahulu apa itu ambeien atau wasir? Ambeien adalah penyakit yang berlokasi di daerah anus yang sangat mengganggu yang mempunyai ciri seperti keluar darah dari dalam anus, munculnya benjolan pada anus dan ada nya rasa sakit di daerah anus. Wasir ini terbagi menjadi dua jenis menurut letaknya yakni ambeien internal yang terletak di dalam anus dan sedangkan ambeien eksternal yang berada di luar anus. Untuk yang internal ini termasuk ambeien yang masuk kedalam golongan ringan. Yang memiliki ciri keluarnya darah dari dalam anus akan tetapi tidak disertai dengan rasa sakit. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk melakukan tindakan pengobatan terhadap ambeien sebelum berkelanjutan menjadi ambeien yang lebih parah lagi. Dan yang kedua adalah ambeien eksternal ini termasuk penyakit wasir yang digolongkan kedalam penyakit yang parah. Ini ditandai dengan rasa nyeri yang timbul akibat peradangan yang terlalu lama dan keluarnya seperti daging dari anus.

Nah, adapun proses terjadinya ambeien pada wanita setelah melahirkan yaitu pada saat mengalami kontraksi, si ibu ini mengejan terlalu kuat dan pada saat bayi keluar ini akan terjadinya proses penekanan yang menimbulkan wasir atau ambeien.

Penyebab Ibu Hamil terkena Ambeien

Seorang ibu yang sedang hamil merupakan saat-saat yang sangat membahagiakan dari dua belah pihak. Tapi penderitaannya pun harus ditanggungnya berupa rasa sakit pada saat tidur, berdiri pun diikuti oleh rasa sakit. Akan tetapi semua itu akan terbayar dengan lahirnya seorang anak dari darah dagingnya sendiri. Rasanya begitu bahagiannya melihat anak yang terlahir didunia. Seakan-akan rasa sakit yang dirasakan oleh ibu tersapu bersih tanpa bekas.





Faktor-faktor Penyebab Ambeien Setelah Melahirkan :

Perubahan Hormon
Perubahan hormon pada ibu hamil dapat menimbulkan resiko terhadapa wasir yang secara kinerja yaitu pada saat hormon berubah akibat kehamilan, disitu pula proses pencernaan tehambat dan mengalami sedikit gangguan sampai ke sistem pembuangan. Nah pada sistem pembuangan inilah yang akan menimbulkan ambeien tersebut. Susahnya buang air besar dan mengerasnya feses akan menyebabkan timbulnya luka pada pembuluh vena dan secara periodik akan menjadi peradangan.

Kehamilan yang Semakin Membesar
Semakin bertumbuhnya janin didalam perut dibayi, makan akan terjadi penekanan pada saluran pembuangan. Dan pada saat buang air besar akan sedikit mengalami kesulitan dan akibat penekanan tersebut akan menyebabkan pembuluh vena terluka akibat gesekan dengan feses.

Penyakit Sembelit
Menurut penelitian bahwa pada wanita yang sedang hamil 25% diantaranya mengalami sembelit dalam jangka waktu yang cukup lama. Apabila penyakit sembelit ini dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan wasir. Maka dari itu segeralah tangani penyakit sembelit tersebut sebelum menimbulkan ambeien.

Beberapa Cara Penyembuhan Ambeien pada Ibu Hamil :

Mengkonsumsi Obat Wasir Alami
Beberapa tanaman dipercaya dapat menyembuhkan wasir atau ambeien yang mempunyai khasiat yang sangat menakjubkan. Seperti kulit manggis atau daun sirsak yang keduanya mempunyai anti oksidang yang cukup tinggi yang membantu dalam proses penyembuhan.

Berendam di Air Hangat
Air hangat dapat berfungsi untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan peradangan dan dapat pula untuk membersihkan anus dari kuman dan bakteri. Caranya adalah masukkan air biasa kedalam bak dan campur dengan air panas secukupnya. Dan rendamlah diri anda sampai anus anda terendam air hangat.

Tidak Mengejan Telalu Kuat
Pada saat buang air besar, hindarilah memaksakan feses cepat keluar karena ini akan mengakibatkan terjadinya luka pada pembuluh darah vena. Biarkan feses keluar dari dalam anus secara alami tanpa ada paksaan agar terhindar dari robeknya pembuluh vena tersebut dan terhindar dari peradangan.

Es Batu untuk Menghentikan Pendarahan
Es batu dapat bermanfaat untuk menghentikan pendarahan yang terjadi di dalam maupun diluar anus. Kompreslah anus yang terkena ambeien dengan es batu hingga terjadinya pembekuan didalam aliran darah.

Olah Raga secara Teratur
Melakukan olah raga bukan hanya dapat menyehatkan tubuh, tapi juga dapat membantu dalam proses penyembuhan terhadap pengobatan wasir atau ambeien. Lakukanlah olah raga secara rutin dan olah raga yang tidak terlalu berat. Olah raga ini akan membuat tubuh bekerja secara maksimal termasuk anti body yang kita miliki pun akan semakin meningkat. Nah bisa kita ambil kesimpulan dengan olah raga ini kinerja tubuh menjadi maksimal dalam hal penyembuhan diri dari segala penyakit.

Minum Air Putih Secukupnya
Dengan minum air putih sesuai yang dianjurkan dokter akan membuat feses kita menjadi lunak. Dengan lunaknya feses ini makan kita terhindar dari lukanya pada pembuluh vena dan pada akhirnya menimbulkan peradangan. Didalam tubuh kita pun 70% nya adalah mengandung air. Maka tidak disangkal lagi bahwa tubuh kita sangat membutuhkan sekali akan zal mineral ini.

Makanan yang Mengandung Serat
Buah-buahan adalah hal yang sudah banyak diketahui masyarakat bahwa makanan yang banyak mengandung banyak serat dan dapat dijadikan obat untuk penyakit susah buanga air besar. Begitu pula bila kita ingin menyembuhkan penyakit wasir ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mana fungsinya sama seperti air putih yang kita minum sesuai anjuran dokter. Selain buah-buahan makanan yang banyak mengandung serat adalah sayur-sayuran. Indonesia adalah negara yang kaya akan kekayaan alamnya. Maka dari itu, untuk hidup sehat dinegara ini tidaklah sulit, yang sulit adalah keinginan kita untuk memilih hidup sehat.

Menjaga Kebersihan Anus
Bersihlanlah anus dengan antiseptik agar anus terjaga secara kebersihan dan terhindar dari kuman dan bakteri. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus menjaga kelembapannya yang bertujuan untuk terhindarnya dari timbulnya jamur di dalam anus.

Jangan Menunda-Nunda Buang Air Besar
Biasakan anda jangan menunda-nuda keinginan buang air besar karena ini akan berakibat ambeien luar yang terjadi dengan proses pada saat anda menahan untuk keinginan buang air besar, terjadi tekanan didalam anus yang secara garis besar dapat merusak pembuluh vena yang sangat halus.

Diperluakan juga untuk ibu hamil melakukan tindakan apapun untuk kelancaran kehamilannya agar terhindar dari ambeien setelah melahirkan. Ada banyak cara untuk kelancaran kelahiran antara lain mengikuti acara senam ibu hamil, mengkonsumsi makanan yang mendukung kelancaran kehamilan, dan lain sebagainya. Seorang yang wanita yang trauma melahirkan bisa jadi dia pernah mengalami ambeien setelah melahirkan sehingga dia tidak mau kejadian itu terulang kembali untuk kedua kalinya.



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment:

  1. The Wizard of Oz - DrmCD
    The Wizard of Oz by 밀양 출장샵 DrmCD. Discover and save 30% of your game's hard earned 양산 출장샵 cash with DrmCD. Choose from over 군산 출장마사지 3,000 titles from 파주 출장마사지 our selection of 과천 출장마사지

    ReplyDelete